UKM LPM Lentera Uniska Adakan Pekan Jurnalistik III bersama Tirto.Id

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Lentera Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al-Banjari (MAB), menggelar Pekan Jurnalistik III dengan dua kegiatan utama yaitu Seminar Nasional dan Studium General, mengangkat tema “Media Informasi Berbasis Data di Era Milenial” kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Jum’at 15 Maret dan Sabtu 16 Maret 2019 bertempat di Aula KPU Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada Seminar Nasional UKM LPM Lentera Uniska menghadirkan pemateri Fahri Salam penulis sekaligus editor Tirto.id, sedangkan pada Studium Generale menghadirkan dua pemateri lokal yaitu Akbar Laksana (kontributor di NET TV Kalsel) dan Ratna Sari Dewi (Reporter dan Presenter TVRI Kalsel).

Dalam rangkaian Pekan Jurnalistik III, UKM LPM Lentera Uniska juga mengadakan Kompetisi Jurnalistik yakni lomba fotografi, videografi, desain infografis dan penulisan artikel dengan tema “Banuaku di Era Milenial”.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu tentang jurnalistik tak hanya untuk anggota LPM Lentera Uniska tetapi juga peserta Pekan Jurnalistik III.

Ketua Pelaksana Hamidah mengatakan, peserta sudah mencapai target panitia.

“Ku rasa sudah hampir sesuai karena targetnya 150 orang,” ujarnya.

Salah satu peserta Muhammad Syauqie prodi Ilmu Komunikasi Uniska mengungkapkan, bisa mendapatkan banyak ilmu bermanfaat untuk menganalisis informasi dari masyarakat agar tidak menjadi berita hoax.

“Banyak ilmu yang bermanfaat untuk menganalisis informasi yang telah disampaikan oleh masyarakat-masyarakat sekitar yang mana informasi itu masih belum diverifikasi, valid atau tidaknya untuk dibagikan kepada khalayak umum, membedakan yang mana hoax dan yang mana tidak,” ungkapnya.

Pemimpin Umum UKM LPM Lentera Uniska Akbar Gilang Rizali mengharapkan, Pekan Jurnalistik dapat dilaksanakan kembali.

“Harapannya ditahun yang akan datang bisa dilaksanakan kembali Pekan Jurnalistik IV dengan tema yang lebih menarik dan pemateri yang lebih ternama,” harapnya.

kemahasiswaan Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *