Lomba Puisi se-Kalsel, Paman Birin Berpesan: “Jadikan Pahlawan sebagai Inspirasi”

Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan lomba baca puisi, dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, di Lapangan Kampus Uniska Banjarmasin, Senin – Selasa (18-19/11).

Lomba yang diikuti oleh 45 peserta kategori pelajar dan 38 peserta kategori mahasiswa se-Kalsel ini juga turut dihadiri Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Acara yang mengusung tema, “Perjuangan Belum Selesai (Pahlawan Generasi Milenial)” ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme pemuda. Hal ini dijelaskan oleh Ketua Pelaksana, Shen Shadiqien.

“Membangkit jiwa nasionalisme, menghargai perjuangan agar generasi milenial ini tidak melupakan perjuangan Pahlawan,” jelas Shen.

Senada dengan Shen, Sahbirin Noor menuturkan, lomba baca puisi tersebut sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian terhadap Pahlawan.

“Lomba puisi ini membuat kita merasakan suasana kebatinan para Pahlawan terdahulu yang telah berjuang,” tuturnya.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini juga berpesan, agar semangat para pemuda terus tumbuh dengan menjadikan Pahlawan sebagai inspirasi.

Juara umum tingkat mahasiswa, Muhammad Irwan Aprialdy sangat bersyukur dengan hasil yang sudah didapatnya. Ia mengungkapkan, sempat mengalami kesulitan dalam menyiapkan puisi yang ingin dilombakan.

“Membuat puisinya harus memilah kalimat yang lebih pantas. Itu proses pengeditannya juga agak lama,” ungkapnya.

Rektor uniska Abdul Malik berharap, lomba baca puisi tersebut dapat meningkatkan semangat para pemuda.

“Melalui lomba puisi ini kita harapkan kepada pemuda agar semangat perjuangan itu bisa tumbuh kembali seperti zaman dulu,” harapnya.

kemahasiswaan Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.